Jurnal Ekologi, Masyarakat dan Sains

Tentang Jurnal Ini

Jurnal Ekologi, Masyarakat dan Sains (Jurnal EMS) adalah inisiatif ECOTAS, yang merupakan lembaga penelitian dan pengembangan di bidang lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan yang bersifat independen, untuk diseminasi artikel ilmiah secara elektronik. Jurnal diharapkan dapat menjadi sarana penyebarluasan pengetahuan, gagasan, pemikiran dan hasil penelitian dari peneliti maupun praktisi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan upaya untuk menciptakan hubungan dan saling keberadaan yang harmonis antara manusia dengan alam lingkungan hidupnya. Jurnal memfasilitasi diskusi antara peneliti maupun praktisi mengenai lingkungan hidup dan kedudukan manusia di dalamnya secara multidisiplin dan terbuka untuk memperoleh pengetahuan mengenai hubungan dan interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan budayanya termasuk lingkungan buatan manusia sendiri serta bagaimana selayaknya manusia berperilaku dalam kedudukannya.

Salah satu dasar keilmuan utama dari Jurnal EMS adalah ilmu lingkungan (environmental science) di mana permasalahan lingkungan dan upaya mencari solusinya dipelajari secara multidisiplin dengan melibatkan berbagai bidang ilmu yang terkait. Lingkup topik Jurnal EMS meliputi: (1) Sistem Lingkungan: Materi, Energi, dan Kehidupan, (1) Evolusi, Interaksi Spesies, dan Komunitas Hayati (3) Populasi Manusia (4) Bioma dan Keanekaragaman Hayati (5) Pelestarian Lingkungan: Hutan, Padang Rumput, Taman, dan Cagar Alam (6) Pangan dan Pertanian (7) Kesehatan Lingkungan dan Toksikologi (8) Iklim (9) Polusi Udara (10) Air: Sumber Daya dan Polusi (11) Geologi Lingkungan dan Sumber Daya Bumi (12) Energi (13) Sampah, Limbah Padat dan Berbahaya (14) Ekonomi Lingkungan dan Urbanisasi (15) Agama, Filsafat dan Lingkungan Hidup (16) Politik, Hukum dan Kebijakan Lingkungan.

Jurnal menerima naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia yang dapat dipahami oleh pembaca yang luas, baik peneliti maupun praktisi, dari berbagai disiplin ilmu baik ilmu alam, ilmu sosial dan humaniora yang bertalian dengan hubungan manusia dengan ekosistemnya yang berkaitan erat dengan kesejahteraan dan keberlanjutan kehidupan di bumi. Naskah yang dikirimkan ke Jurnal EMS harus belum pernah dipublikasikan di tempat lain, sesuai dengan lingkup jurnal dan panduan penulisan.

Tidak ada biaya dalam proses penerbitan naskah yang dikenakan kepada penulis. Biaya mulai dari penyerahan hingga publikasi atau biaya publikasi (publication fee) seperti biaya penyerahan naskah (submission fees), biaya proses editorial (editorial processing charges), biaya pemrosesan artikel (Article Processing Charges/APCs), biaya halaman (page charges) dan biaya warna (color charges) di Jurnal EMS adalah gratis.

Hak cipta artikel ada pada Jurnal EMS. Jurnal menerapkan kebijakan akses terbuka dengan lisensi Creative Commons Atribusi-Non Komersial 4.0 Internasional di mana isi jurnal yang diterbitkan secara elektronik bebas untuk diakses tanpa biaya segera setelah jurnal atau artikel diterbitkan. Pengguna berhak untuk membaca, mengunduh, menggandakan, mendistribusikan, mencetak, mencari atau membuat tautan terhadap naskah lengkap dan menggunakannya untuk tujuan yang tidak melanggar hukum. Penulis artikel yang diterbitkan di Jurnal EMS diizinkan untuk mengarsipkan sendiri versi PDF artikel yang telah diterbitkan di mana saja. Misalnya di repositori universitas atau media sosial peneliti seperti ResearchGate dan Academia.

Jurnal diupayakan terbit secara rutin dalam periode dua kali setahun (Januari-Juni dan Juli-Desember) untuk mempublikasikan artikel yang ditelaah oleh rekan sejawat atau mitra bestari (peer review). Proses telaah oleh rekan sejawat dimaksudkan untuk mendapatkan saran atas naskah artikel dari penelaah yang ahli di bidangnya yang bukan bagian dari Tim Editorial.

Jurnal Ekologi, Masyarakat dan Sains memiliki nomor E-ISSN: 2720-9717 yang terdaftar di Pusat ISSN Nasional Indonesia (LIPI) dan Pusat ISSN Internasional. Setiap artikel yang diterbitkan diberikan Digital Object Identifiers (DOI) dengan prefiks 10.55448/ems. Saat ini Jurnal EMS sudah terindeks di beberapa pengindeks nasional dan internasional yang selengkapnya dapat dilihat di sini. Jurnal EMS berpartisipasi dalam LOCKSS - PKP Preservation Network (PN) untuk pencadangan arsip jurnal secara digital.

Proses penerbitan naskah di Jurnal EMS berdasarkan pada kebijakan tentang etika publikasi dan kebijakan pasca-publikasi dan koreksi. Jurnal EMS berpartisipasi dalam skema CrossMark, sebuah inisiatif multi-penerbit yang telah mengembangkan cara standar bagi pembaca untuk menemukan versi artikel dan perubahannya jika ada serta informasi penting lainnya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di bagian kontak.

Informasi

Terbitan Terkini

Vol 3 No 2 (2022): Jul-Des 2022 (in Progress)
Lihat semua terbitan