Kajian Ekologi Sastra: Animal Plascticum Karya M. Faizi Dalam Buku Merusak Bumi Dari Meja Makan

Penulis

  • Ikrom Firdaus Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah

DOI:

https://doi.org/10.55448/4fjeya11

Abstrak

Lingkungan adalah tempat lika-liku perbuatan manusia. Di sini, manusia bisa bebas berekspresi sesuai kehendaknya: merawat dan merusak. Dua perilaku ini sama-sama dipercaya dapat merubah situasi serta kondisi. Alam yang mempunyai ekosistemnya sendiri, dari dulu hingga kini, selalu berjibaku dengan manusia. Produk sastra setidaknya menjadi salah satu bentuk kebudayaan sebagai tujuan utama. Sebagaimana kajian sastra yang lebih dulu mengarah kapada lingkungan, hal ini menjadi tanda bahwa produk ini bisa mempengaruhi secara langsung sebagai media sikap, tanggapan dan representasi pandangan masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, potensi sastra tidak hanya mengungkapkan sisi soal lingkungan saja, tetapi termasuk di dalamnya terdapat nilai-nilai kearifan luhur. Buku Merusak Bumi Dari Meja Makan karangan M. Faizi termasuk esai-esai lingkungan, lebih spesifik terhadap persoalan sampah yang menjadi bagian penting dalam bentuk narasi. Ulah manusia, bisa dikatakan, merupakan salah satu kunci masa depan semesta.

Referensi

Ahsani, 2020. Sampah dalam Novel Aroma Karsa Karya Dewi Lestari: Tinjauan Ekologi Sastra (Garage In The Aroma Karsa Novel By Dewi Lestari: Literature Ecologi Review). Bahasa, Sastra dan Pemelajarannya Vol 10, (1) : 1-11

M. Faizi, 2020, Merusak Bumi Dari Meja Makan, Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Malik, Abd. (2022). “Gurita Tambang Batuan di Sumenep, Masyarakat Khawatir Pemda “Angkat Tangan.” Fajar (Agustus 2022)

Wahyu, 2020. Pengelolahan Sampah Di lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologi Siswa. NKUIRI Vol. 9 (2): 110-116

Kementrian PU. 2013. Materi Bidang Sampah II Diseminasi dan Sosialisasi Keteknikan Bidang PLP. Jakarta.

Hilman, M. 2005. Pengelolaan Sampah. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup.

Hasil Wawancara Majalah Muara Edisi XX dengan Tema Manusia Sufisme bersama K. M. Faizi pada tanggal 5 Desember 2023.

Creswell W. John, Research Design (Pendekatan Medote Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran) Edisi 4, Pustaka Pelajar, Yoqjakarta, 2016.

Rapi, Muhammad Arisa dkk, Ekokritik Novel Indonesia, Ikapi, Tangguh Denara Jaya, 2003.

Unduhan

Diterbitkan

27-05-2024

Terbitan

Bagian

Ulasan Buku

Cara Mengutip

Firdaus, Ikrom. 2024. “Kajian Ekologi Sastra: Animal Plascticum Karya M. Faizi Dalam Buku Merusak Bumi Dari Meja Makan”. Jurnal Ekologi, Masyarakat Dan Sains 5 (1): 159-65. https://doi.org/10.55448/4fjeya11.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>